Pedoman Penulisan Soal SD,SMP dan SMA/SMK v.2017
Penilaian terhadap hasil belajar
peserta didik merupakan salah satu kegiatan rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian
hasil belajar dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan
peserta didik, memonitor perkembangan belajar peserta didik,menilai
ketercapaian kurikulum, memberi nilai peserta didik dan menentukan efektivitas pembelajaran.
Untuk tujuan-tujuan tersebut dapat digunakan berbagai bentuk dan instrumen
penilaian. Namun tes tertulis sampai saat ini masih merupakan instrument yang
dominan digunakan dalam menilai hasil belajar peserta didik.
Tes tertulis secara umum dapat
dibedakan menjadi tes dengan pilihan jawaban (non-constructed response test),
peserta didik hanya memilih dari jawaban yang disediakan, dan tes tanpa pilihan
jawaban (constructed response test), peserta didik harus mengkonstruksikan
jawabannya. Tes dengan pilihan jawaban sering dikritik karena dipandang tidak
dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking
skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan jawaban dapat
mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak
mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test)
yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi,
bila tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya mengukur berpikir tingkat
rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat
rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.
Oleh karena penulisan soal merupakan
proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara
sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu
penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur
berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contohcontoh yang diberikan
diharapkan dapat memberikan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes
dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut dapat digunakan untuk menilai hasil
belajar peserta didik dan memberi informasi yang valid.
Perlu disampaikan bahwa fokus
panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis khususnya tes berbentuk pilihan
ganda dan tes uraian. Oleh karena itu bentuk penilaian lain seperti portofolio,
tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk penilaian tersebut
tidak penting.
0 Response to "Pedoman Penulisan Soal SD,SMP dan SMA/SMK v.2017"