Perhatikan 4 Kesalahan yang Dilakukan Guru Saat Mengajar
Pembelajaran merupakan proses yang melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Oleh karena itu, untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif diperlukan berbagai keterampilan yaitu keterampilan mengajar. Dan yang sangat membutuhkan keterampilan ini adalah seorang guru, agar kualitas pendidikan menjadi lebih baik.
Guru menjadi tokoh besar dalam perkembangan pendidikan anak bangsa. Namun ada beberapa faktor yang membuat perkembangan pendidikan tidak membaik, salah satunya proses pembelajaran di kelas. Guru juga manusia biasa, yang mempunyai kelemahan dan kekurangan dalam cara mengajarnya.
Berikut ini beberapa kelemahan yang sering ditemukan oleh guru dalam mengajar:
1. Tidak menggunakan RPP sebagai pedoman pelaksanaan pengajaran
Sebelum pembelajaran dimulai, guru perlu menyiapkan atau membuat perangkat pembelajarannya yang disebut dengan RPP. Dalam dukomen tersebut tidak hanya berisi kompetensi yang akan dicapai, tetapi juga memuat secara rinci berapa lama waktu tatap muka dilakukan. Kenyataan di lapangan, RPP tidak difungsikan, bahkan ada Guru yang mengajar tanpa berpedoman pada RPP. Hal ini menyebabkan kegiatan pembelajaran tidak terarah.
2. Jarang memberi anak contoh nyata
Guru jarang membawa siswa ke dunia nyata anak-anak dan hanya menjelaskan dan menjabarkan teori. Solusinya sering-seringlah membawa siswa melihat langsung objek pembelajaran yang sedang dipelajari agar dapat merasakan kejadian-kejadian penting, hal-hal penting dalam kehidupan mereka. Sehingga mereka selalu belajar dari lingkungan sekitar mereka.
3. Kurang memperhatikan kemampuan siswa
Pengetahuan tentang kemampuan awal siswa sangat diperlukan oleh guru untuk menetapkan variasi strategi mengajar, bahkan untuk mengajukan pertanyaan pun diperlukan pemahaman tentang kemampuan awal siswa. Dengan memahami kemampuan awal siswa ini, Guru dapat membantu siswa memperlancar proses pembelajaran dan memperkecil peluang kesulitan yang dihadapi siswa.
4. Jarang melakukan evaluasi
Setiap proses selalu harus diberi evaluasi, agar guru dapat mengetahui sejauh mana siswa mampu menyerap materi, nilai-nilai maupun norma-norma sehingga siswa tidak hanya pandai tetapi juga berkarakter. Susun jadwal kapan evaluasi akan dilakukan, sehingga proses pencapaian siswa dapat terukur dengan jelas.
0 Response to "Perhatikan 4 Kesalahan yang Dilakukan Guru Saat Mengajar"