Menuju Pembukaan Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024!

Pendaftaran implementasi Kurikulum Merdeka untuk sekolah segera dibuka. Pengumuman ini disampaikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam Instagram resminya.

"Nantikan pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Tahun Ajaran 2023/2024 di Platform Merdeka Mengajar dan mulai persiapkan kebutuhan pendaftaran untuk satuan pendidikan Ibu dan Bapak," tulis pengumuman dalam Instagram @kemdikbud.ri dikutip Jumat (3/2/2023).

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum pendidikan yang baru diresmikan Februari 2022 oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim. Kurikulum ini berfokus pada materi yang esensial serta pengembangan karakter siswa dengan Profil Pelajar Pancasila.

Lebih jelasnya, simak tentang Kurikulum Merdeka di bawah ini.

Tentang Kurikulum Merdeka

Kurikulum
Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Konten pembelajaran dioptimalkan agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan kompetensi.

Guru juga diberi keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar guna menyesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Adapun terdapat Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang bertujuan untuk mengembangkan karakter peserta didik berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek ini tidak diarahkan untuk mencapai capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Kurikulum Merdeka Bukan Kewajiban Tapi Opsi

Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, Kurikulum Merdeka adalah opsi atau pilihan bagi tiap sekolah. Berdasarkan Buku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka oleh Kemdikbud, ada dua tujuan yang mendasari Kurikulum Merdeka sebagai opsi, yaitu:

  1. Kemendikbudristek ingin menegaskan bahwa sekolah memiliki kewenangan dan tanggung jawab untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai kebutuhan dan konteks masing-masing sekolah.
  2. Dengan kurikulum nasional sebagai opsi, diharapkan dapat terjadi perubahan yang lancar dan bertahap.

Perubahan kurikulum secara bertahap ini diharapkan dapat memberi waktu yang memadai bagi seluruh elemen kunci, agar transformasi pendidikan dapat tertanam secara kukuh dan teguh.  

Kriteria Sekolah yang Ingin Menerapkan Kurikulum Merdeka

Kemendikbudristek tidak menetapkan kriteria tertentu bagi sekolah yang ingin menerapkan Kurikulum Merdeka. Dalam buku panduan yang sama, hanya ada satu kriteria, yakni berminat menerapkan Kurikulum Merdeka untuk memperbaiki pembelajaran.

Ada beberapa langkah sebelum sekolah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, yaitu:

1.Kepala Sekolah atau Madrasah akan Mempelajari Konsep Kurikulum Merdeka

Kepala sekolah atau madrasah yang ingin menerapkan Kurikulum Merdeka akan diminta untuk mempelajari materi yang disiapkan oleh Kemendikbudristek tentang konsep Kurikulum Merdeka.

2.Mengisi Formulir Pendaftaran dan Survei Singkat

Selanjutnya, jika setelah mempelajari materi tersebut sekolah memutuskan untuk mencoba menerapkan Kurikulum Merdeka, mereka akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dan sebuah survei singkat.

3.Kemendikbudristek Menyiapkan Skema Tingkat Penerapan Kurikulum

Karena tingkat kesiapan sekolah yang beragam, Kemdikbud akan menyiapkan skema tingkat penerapan Kurikulum Merdeka berdasarkan hasil survei yang diisi sekolah ketika mendaftar. Bantuan yang dibutuhkan sekolah pun akan disediakan.

Tertarik mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah? sekolah bisa mulai menyiapkan tiga hal berikut ini.

3 Hal yang Wajib Disiapkan Sekolah Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka

1.Pastikan Akun belajar.id telah aktif
2.Unduh Platform 'Merdeka Mengajar' di Google Play atau akases melaui https://guru.kemdikbud.go.id
3.Pahami Kurikulum Merdeka bersama rekan guru dengan 3 Menu di Platform Merdeka Mengajar

Selain itu, sekolah atau guru juga bisa membaca kebijakan Kepmendikbudristek No.262 tahun 2022

Pendaftaran akan dibuka di Platform Merdeka Mengajar. Sambil menunggu, keperluan ini bisa sekolah siapkan hingga tanggal implementasi Kurikulum Merdeka diumumkan.


0 Response to "Menuju Pembukaan Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024!"