Inilah 5 Kompetensi Yang Harus Dimiliki Kepala Sekolah
Keberhasilan proses belajar siswa membutuhkan peran berbagai
pihak, salah satunya kepala sekolah. Bahkan kepala sekolah berperan penting
sebagai pemimpin dalam manajemen sekolah, termasuk mengatur guru dan siswa.
Untuk itu, kepala sekolah harus memiliki kompetensi memadai
untuk menggerakkan dan mengembangkan semua potensi yang ada di sekolah sehingga
terjadi perubahan positif yang bisa dilihat dari hasil belajar siswa.
Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal
Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Santi Ambarukmi mengatakan,
berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang
Standar Kepala Sekolah/Madrasah, ada lima kompetensi kepala sekolah yang harus
terus ditingkatkan.
Lima kompetensi itu adalah Kepribadian, Manajerial,
Kewirausahaan, Supervisi, dan Sosial. Kelimanya saling terkait dalam manajemen
berbasis sekolah dan memerlukan partisipasi masyarakat.
Membuat perubahan
“Salah satu kuncinya adalah pantang mundur dan berani
mengambil risiko. Kalau diyakini suatu program itu bisa, maka harus bisa.
Partisipasi masyarakat juga dibutuhkan,” ujar Santi Ambarukmi dalam peluncuran
program Inspirasi, Kamis (18/7/2019) di Karawang, Jawa Barat.
Program “Inspirasi”: Mengembangkan Kualitas Kepala Sekolah
Ia mengatakan pengembangan sumber daya manusia dimulai dari
keluarga di rumah, lalu dilanjutkan di sekolah. Para siswa diberikan materi
berupa pengembangan potensi dan pembentukan karakter masing-masing sehingga
diharapkan potensi mereka bisa semakin berkembang.
Menurut Santi, sekolah harus bisa memanfaatkan kompetensi
kepala sekolah dalam melakukan perubahan di sekolah. Selain itu, peran pengawas
sekolah juga diperlukan untuk melihat perkembangan anak-anak sesuai potensi
mereka masing-masing.
“Peran kepala sekolah harus membuat perubahan, sedangkan
pengawas jadi vocal point untuk pelaksanaan sekolah agar bisa berkembang, apa
tantangan yang dihadapi,” imbuhnya.
Ia menambahkan, sekolah merupakan masyarakat mini yang
seharusnya digerakkan oleh kepala sekolah sebagai pemimpin yang diibaratkan
ketua RT dalam lingkungan perumahan atau CEO dalam lingkungan perusahaan.
Tentunya pemimpin itulah yang bisa mengatur dan membuat
sinergi antara siswa, guru, orangtua siswa, pengawas, dan semua pihak yang
terlibat dalam kegiatan belajar di sekolah.
“Sekolah ini mini society, tentu ketua RT atau CEO-nya adalah
kepala sekolah yang bisa menggerakkan semua roda di sekolah. Apa pun yang
dilakukan di sekolah, fokusnya harus kepada siswa,” ucap Santi.
Program "Inspirasi"
Sebelumnya, Direktur Eksekutif Inspirasi Patrya Pratama
mengibaratkan kepala sekolah sebagai chief executive officer (CEO) atau
presiden direktur yang memimpin suatu perusahaan.
Kepala sekolah diharapkan bisa menjadi CEO dan memberi
inspirasi bagi semua orang yang terlibat di sekolahnya masing-masing, mulai
dari guru, murid, orangtua murid, dan berbagai pihak.
“Mereka (kepala
sekolah) yang setiap hari memimpin rekan-rekan guru dan memastikan sekolahnya
bisa berjalan lancar dan membantu murid-muridnya mencapai masa depan yang
diinginkan,” kata Patrya.
Adapun program Inisiatif Kepemimpinan Pendidikan untuk Raih
Prestasi (Inspirasi) merupakan program rintisan yang bertujuan untuk
mengembangkan kualitas kepemimpinan para kepala sekolah di Kabupaten Karawang,
Jawa Barat, yang nantinya berpengaruh pada peningkatan mutu hasil pembelajaran
siswa.
Pelaksanaannya dimulai pada tahun ajaran 2019/2020 dan akan
dilakukan selama 1,5 tahun. Pesertanya terdiri dari 20 kepala sekolah dasar
negeri dan 5 madrasah ibtidaiyah di Karawang. Kegiatan ini merupakan hasil
kerja sama Yayasan Inspirasi dengan sejumlah lembaga donor, yaitu Tanoto
Foundation, Global School Leaders, Resinda Hotel Karawang, PT Bukit Muria Jaya,
Triputra Agro Persada, dan Asia Philanthropy Circle.
Artikel
ini telah tayang di Kompas.com dengan
judul "Kepala Sekolah Harus Memiliki 5 Kompetensi Ini"
0 Response to "Inilah 5 Kompetensi Yang Harus Dimiliki Kepala Sekolah"