Buku Panduan Penilaian Kinerja Siswa
Penilaian dalam
dunia pendidikan merupakan proses pengumpulan, pengolahan, dan interpretasi
informasi hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar untuk
membuat keputusan pendidikan. Penilaian kelas merupakan proses pengumpulan,
pengolahan, dan interpretasi informasi untuk membuat berbagai keputusan terkait
pembelajaran di tingkat kelas oleh guru. Penilaian kelas memiliki peran sangat
penting untuk
(a) memberikan
informasi awal sebelum pembelajaran dimulai sehingga guru dapat mendesain
skenario pembelajaran dengan tepat;
(b) memberikan
umpan balik bagi guru dan peserta didik untuk meningkatkan kualitas proses
pembelajaran; dan
(c) memberikan
informasi ketercapaian tujuan pembelajaran tertentu, misalnya menyimpulkan
ketercapaian sebuah kompetensi dasar pada mata pelajaran tertentu.
Agar penilaian
yang dilakukan guru efektif dan bermakna, guru perlu
(1) merumuskan
target pembelajaran yang akan dinilai dengan jelas, tegas, dan terukur;
(2) memastikan
teknik penilaian yang dipilih sesuai dengan setiap target pembelajaran;
(3) memastikan
teknik penilaian yang digunakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik saat ini
dan nanti. Teknik penilaian saat ini harus memiliki kontribusi nyata terhadap
pencapaian mutu lulusan yang memiliki keterampilan berpikir kritis dan kreatif,
keterampilan berkomunikasi, dan keterampilan berkolaborasi. Oleh karena itu
penilaian harus fokus mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dan mengukur
kinerja peserta didik.
Penilaian
kinerja sering disebut juga penilaian otentik merupakan teknik penilaian
multi-dimensional yang dapat dilakukan dengan penilaian tertulis,penilaian
perbuatan, dan penugasan. Penilaian kinerja menuntut peserta didik membuat
sebuah produk dan/atau mendemonstrasikan sebuah proses. Dengan demikian,
penilaian kinerja menuntut peserta didik untuk melakukan kegiatan berdasarkan
pengetahuan yang dimilikinya, misalnya membuat laporan atau mempraktikkan
bagaimana mengukur suhu zat di laboratorium.
Penilaian di
kelas bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang ketercapaian kurikulum
yang menjadi target pembelajaran. Pelaksanaan penilaian ini dapat dilakukan
dengan menggunakan berbagai bentuk penilaian sesuai dengan kompetensi mata
pelajaran yang akan diukur ketercapaiannya. Bentuk penilaian di kelas yang
telah dikenal, antara lain tes tertulis, tes lisan, dan penilaian kinerja.
Penilaian kinerja merupakan salah satu bentuk penilaian yang perlu ditingkatkan
penggunaannya di kelas.
Selengkapnya
download Panduan Penilaian Kinerja disini
0 Response to "Buku Panduan Penilaian Kinerja Siswa"