Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala dan Modul Asesmen diawal Pembelajaran
Untuk membantu sekolah serta bapak/ibu guru, Pusat Asesmen
dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Buku Saku Asesmen Diagnosis
Kognitif Berkala dan Bebrapa Modul Asesmen di Awal Pembelajaran.Buku saku
tersebut disusun untuk memberikan inspirasi, wawasan, dan pedoman bagi Bapak
dan Ibu guru dalam melakukan persiapan, pelaksanaan, diagnosis dan tindak
lanjut yang tepat pada proses asesmen diagnosis. Kami berharap buku ini menjadi
salah satu penguatan terhadap prinsip “teaching at the right level”
(pembelajaran sesuai dengan tingkat) khususnya pada masa pandemik.
Di Indonesia, beragamnya kondisi sosial ekonomi, akses
teknologi, serta kondisi wilayah sebaran Covid-19 menyebabkan pelaksanaan BDR
dan capaian belajar siswa bervariasi. Oleh karena itu, asesmen untuk mengetahui
hambatan dan kelemahan siswa pada saat BDR perlu dilakukan. Asesmen yang
meliputi aspek kognitif dan nonkognitif perlu dilakukan agar pembelajaran yang
dilakukan sesuai dengan kondisi siswa. Hasil asesmen memberikan dasar kepada
guru untuk menetapkan perlakuan atau strategi yang tepat kepada masing-masing
siswa. Remedial atau pengayaan yang dilakukan sebagai tindak lanjut hasil
asesmen merupakan upaya untuk memastikan tidak ada siswa yang tertinggal atau
dirugikan.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan
Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengucapkan
terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyiapan
dan penyusunan buku saku ini. Semoga buku saku dapat bermanfaat terutama bagi
kelanjutan dunia pendidikan di Indonesia pada masa pandemi Covid-19 ini dalam
upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.
Download Modul Asesmen diAwal Pembelajaran
Download Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala (disini)
0 Response to "Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala dan Modul Asesmen diawal Pembelajaran"