Ciri-Ciri Bahwa Akun Pembelajaran (belajar.id) Anda Sudah Aktif

Belajar.id adalah sebuah halaman web yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dapat memudahkan siswa dan guru untuk mengakses kebutuhan belajar mengajar baik secara tatap muka maupun secara jarak jauh. Manfaat akun Belajar.id dapat dirasakan oleh siswa dari berbagai jenjang pendidikan.

Akun Belajar.id tersedia untuk para peserta didik dan pengajar mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SLB dan kesetaraan. Selain itu, akun pembelajaran Belajar.id dapat digunakan untuk mengakses SIMPKB, Forum TanyaBOS, Merdeka Belajar dan menyimpan dokumen.

Manfaat Akun Belajar.id

Berdasarkan informasi dari laman resmi Belajar.id, akun pembelajaran ini memiliki 5 manfaat antara lain:

1.Dapat memudahkan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

2.Dapat digunakan untuk mengakses berbagai platform Kemendikbudristek

3.Dapat menyimpan dokumen secara daring dengan ruang penyimpanan lebih aman tanpa batas

4.Dapat mengakses dan memanfaatkan Chromebook

5.Digunakan sebagai jalur informasi resmi Kemendikbudristek

Berikut ini adalah siapa saja yang dapat memakai akun Belajar.id

1.Peserta Didik
- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
- Sekolah Dasar (SD) dan Program Paket A kelas 1-6
- Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Program Paket B kelas 7–9
- Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Program Paket C kelas 10–12
- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas 10–13
- Sekolah Luar Biasa (SLB) kelas 5–12

2.Guru PAUD hingga SMA sederajat

3.Tenaga Kependidikan (Kepala Sekolah dan Operator Sekolah)

4.Dinas Pendidikan (Kepala dinas Pendidikan, Kepala bidang dalam dinas pendidikan, Pengawas sekolah, Penilik sekolah, Pamong belajar)

 

Apakah Anda sudah memahami apa saja ciri-ciri Akun Pembelajaran agar dinilai sudah aktif?

Simak penjelasannya pada informasi pada gambar di bawah ini.

Gambar.1


Gambar.2
Gambar.3
Gambar.4

TANYA JAWAB TENTANG AKUN BELAJAR.ID

Bagaimana jika saya tidak ingat password Akun Pembelajaran saya?

Apabila Anda tidak mengingat kata sandi (password), silakan menghubungi Admin Sekolah untuk mengajukan reset password.

Perlu diketahui, Anda hanya dapat melakukan reset password dengan dua kondisi berikut:

  • Sesaat setelah aktivasi
  • Setelah Anda menjadi pengguna aktif atau apabila Anda lupa kata sandi (password)

Admin Sekolah dapat melakukan reset password dengan mengikuti panduan di sini. Selain itu, Anda juga dapat menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id.

 

Saya belum memiliki Akun Pembelajaran, bagaimana caranya untuk mendapatkan akun?

Silakan lakukan pemeriksaan ketersedian Akun Pembelajaran Anda secara mandiri pada laman belajar.id. Jika akun Anda tidak ditemukan, silakan menghubungi Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah Anda.

 

Mengapa Akun Pembelajaran (belajar.id) saya terhapus?

Apabila Anda menemukan status akun menjadi tidak aktif atau terhapus, maka terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut terjadi, yaitu:

  1. Status Anda sebagai pengguna tidak lagi terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
  2. Akun Anda ditemukan melakukan pelanggaran aturan Akun Pembelajaran
  3. Perpindahan jenjang yang mengharuskan akun lama Anda menjadi tidak aktif

Anda dapat memastikan penyebab penonaktifan akun Anda dengan menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id

 

Bagaimana jika Admin Sekolah tidak memiliki akses ke admin.google.com untuk reset password pengguna?

Silakan cek data pengguna yang diunduh oleh Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) melalui laman https://pd.data.kemdikbud.go.id. Apabila Anda tidak menemukan akun Admin Sekolah pada data tersebut, maka Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah) harus mengajukan surat permohonan akses Admin Sekolah dengan menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id dengan menyertakan data:

  1. Nama Sekolah
  2. Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)
  3. Nama Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah
  4. NIK Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah
  5. Akun Pembelajaran Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah

Prosedur ini juga berlaku apabila sekolah Anda ingin mengajukan penambahan akun atau mengganti Admin Sekolah di sekolah Anda.

 

Bagaimana jika sekolah ingin menambahkan akun Admin Sekolah?

Apabila pihak sekolah ingin menambah akun Admin Sekolah, maka Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah) dapat menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id dengan menyertakan data:

  1. Nama Sekolah
  2. Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)
  3. Nama Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah
  4. NIK Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah
  5. Akun Pembelajaran Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah

Prosedur ini juga berlaku apabila sekolah ingin mengganti Admin Sekolah di sekolah Anda.

 

Bagaimana cara menautkan akun Belajar.id setelah login SIMPKB?

Sebelum Anda login pada akun SIMPKB, pastikan Akun Pembelajaran (belajar.id) Anda sudah dalam keadaan aktif (sudah pernah digunakan) untuk nantinya Anda dapat tautkan pada kolom ‘Integrasi Layanan’ di dalam laman SIMPKB. Simak panduan selengkapnya di artikel berikut

0 Response to "Ciri-Ciri Bahwa Akun Pembelajaran (belajar.id) Anda Sudah Aktif"