Ciri-Ciri Bahwa Akun Pembelajaran (belajar.id) Anda Sudah Aktif
Belajar.id
adalah sebuah halaman web yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)
dapat memudahkan siswa dan guru untuk mengakses kebutuhan belajar mengajar baik
secara tatap muka maupun secara jarak jauh. Manfaat akun Belajar.id dapat
dirasakan oleh siswa dari berbagai jenjang pendidikan.
Akun
Belajar.id tersedia untuk para peserta didik dan pengajar mulai dari PAUD, SD,
SMP, SMA, SLB dan kesetaraan. Selain itu, akun pembelajaran Belajar.id dapat
digunakan untuk mengakses SIMPKB, Forum TanyaBOS, Merdeka Belajar dan menyimpan
dokumen.
Manfaat
Akun Belajar.id
Berdasarkan
informasi dari laman resmi Belajar.id, akun pembelajaran ini memiliki 5 manfaat
antara lain:
1.Dapat
memudahkan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
2.Dapat
digunakan untuk mengakses berbagai platform Kemendikbudristek
3.Dapat
menyimpan dokumen secara daring dengan ruang penyimpanan lebih aman tanpa batas
4.Dapat
mengakses dan memanfaatkan Chromebook
5.Digunakan
sebagai jalur informasi resmi Kemendikbudristek
Berikut
ini adalah siapa saja yang dapat memakai akun Belajar.id
2.Guru
PAUD hingga SMA sederajat
3.Tenaga
Kependidikan (Kepala Sekolah dan Operator Sekolah)
4.Dinas
Pendidikan (Kepala dinas Pendidikan, Kepala bidang dalam dinas pendidikan,
Pengawas sekolah, Penilik sekolah, Pamong belajar)
Apakah
Anda sudah memahami apa saja ciri-ciri Akun Pembelajaran agar dinilai sudah
aktif?
Simak
penjelasannya pada informasi pada gambar di bawah ini.
Gambar.1
TANYA JAWAB TENTANG AKUN BELAJAR.ID
Bagaimana jika saya tidak ingat password
Akun Pembelajaran saya?
Apabila
Anda tidak mengingat kata sandi (password), silakan menghubungi Admin Sekolah
untuk mengajukan reset password.
Perlu
diketahui, Anda hanya dapat melakukan reset password dengan dua kondisi
berikut:
- Sesaat setelah aktivasi
- Setelah Anda menjadi pengguna aktif atau apabila Anda lupa kata sandi (password)
Admin
Sekolah dapat melakukan reset password dengan mengikuti panduan
di
sini. Selain itu, Anda juga dapat menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh
Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id.
Saya belum memiliki Akun Pembelajaran,
bagaimana caranya untuk mendapatkan akun?
Silakan
lakukan pemeriksaan ketersedian Akun Pembelajaran Anda secara mandiri pada
laman belajar.id. Jika akun Anda tidak ditemukan, silakan
menghubungi Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah Anda.
Mengapa Akun Pembelajaran (belajar.id) saya
terhapus?
Apabila
Anda menemukan status akun menjadi tidak aktif atau terhapus, maka terdapat
beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut terjadi, yaitu:
- Status Anda sebagai pengguna tidak lagi terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
- Akun Anda ditemukan melakukan pelanggaran aturan Akun Pembelajaran
- Perpindahan jenjang yang mengharuskan akun lama Anda menjadi tidak aktif
Anda
dapat memastikan penyebab penonaktifan akun Anda dengan menghubungi helpdesk
melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id
Bagaimana jika Admin Sekolah tidak memiliki
akses ke admin.google.com
untuk reset password pengguna?
Silakan
cek data pengguna yang diunduh oleh Operator Satuan Pendidikan (Operator
Sekolah) melalui laman https://pd.data.kemdikbud.go.id. Apabila Anda tidak
menemukan akun Admin Sekolah pada data tersebut, maka Kepala Satuan Pendidikan
(Kepala Sekolah) harus mengajukan surat permohonan akses Admin Sekolah dengan
menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah laman
belajar.id dengan menyertakan data:
- Nama Sekolah
- Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)
- Nama Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah
- NIK Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah
- Akun Pembelajaran Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah
Prosedur
ini juga berlaku apabila sekolah Anda ingin mengajukan penambahan akun atau
mengganti Admin Sekolah di sekolah Anda.
Bagaimana jika sekolah ingin menambahkan
akun Admin Sekolah?
Apabila
pihak sekolah ingin menambah akun Admin Sekolah, maka Kepala Satuan Pendidikan
(Kepala Sekolah) dapat menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” di
kanan bawah laman belajar.id dengan menyertakan data:
- Nama Sekolah
- Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)
- Nama Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah
- NIK Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah
- Akun Pembelajaran Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin Sekolah
Prosedur
ini juga berlaku apabila sekolah ingin mengganti Admin Sekolah di sekolah Anda.
Bagaimana cara menautkan akun Belajar.id
setelah login SIMPKB?
Sebelum
Anda login pada akun SIMPKB, pastikan Akun Pembelajaran (belajar.id) Anda sudah
dalam keadaan aktif (sudah pernah digunakan) untuk nantinya Anda dapat tautkan
pada kolom ‘Integrasi Layanan’ di dalam laman SIMPKB. Simak panduan
selengkapnya di artikel
berikut
0 Response to "Ciri-Ciri Bahwa Akun Pembelajaran (belajar.id) Anda Sudah Aktif"