Pusat Bantuan Akun Pembelajaran Belajar.id
1. Lebih mudah dan efektif dalam
melaksanakan kegiatan belajar mengajar, seperti konferensi video, dokumen
daring, pengarsipan kelas, dan lain-lain
2.
Dapat mengakses berbagai platform
Kemendikbudristek hanya dengan satu akun
3.
Menyimpan data secara daring dengan
lebih aman
4.
Mengakses dan menggunakan Chromebook
5. Menerima informasi resmi dari Kemendikbudristek
Penggunaan Akun Pembelajaran tidak dipungut biaya atau gratis. Untuk mendapatkan Akun Pembelajaran, silakan mengikuti panduan di sini.
Apabila Anda tidak
mengingat kata sandi (password), silakan menghubungi Admin Sekolah untuk
mengajukan reset password.
Perlu diketahui, Anda hanya dapat melakukan reset password
dengan dua kondisi berikut:
§
Sesaat setelah aktivasi
§
Setelah Anda menjadi pengguna aktif atau apabila Anda lupa kata
sandi (password)
Admin Sekolah dapat melakukan reset password dengan mengikuti panduan di sini. Selain itu, Anda juga dapat menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id.
Saya belum memiliki
Akun Pembelajaran, bagaimana caranya untuk mendapatkan akun?
Silakan lakukan pemeriksaan ketersedian Akun Pembelajaran Anda secara mandiri pada laman belajar.id. Jika akun Anda tidak ditemukan, silakan menghubungi Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah Anda.
Mengapa Akun
Pembelajaran (belajar.id) saya terhapus?
Apabila Anda menemukan
status akun menjadi tidak aktif atau terhapus, maka terdapat beberapa
kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut terjadi, yaitu:
1.
Status Anda sebagai pengguna tidak lagi terdaftar di Data Pokok
Pendidikan (Dapodik)
2.
Akun Anda ditemukan melakukan pelanggaran aturan Akun
Pembelajaran
3.
Perpindahan jenjang yang mengharuskan akun lama Anda menjadi
tidak aktif
Anda dapat memastikan penyebab penonaktifan akun Anda dengan menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id
Bagaimana jika
Admin Sekolah tidak memiliki akses ke admin.google.com untuk reset password pengguna?
Silakan cek data pengguna
yang diunduh oleh Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) melalui laman https://pd.data.kemdikbud.go.id.
Apabila Anda tidak menemukan akun Admin Sekolah pada data tersebut, maka Kepala
Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah) harus mengajukan surat permohonan akses
Admin Sekolah dengan menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh
Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id dengan menyertakan data:
1.
Nama Sekolah
2.
Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)
3.
Nama Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin
Sekolah
4.
NIK Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin
Sekolah
5.
Akun Pembelajaran Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk
sebagai Admin Sekolah
Prosedur ini juga berlaku apabila sekolah Anda ingin mengajukan penambahan akun atau mengganti Admin Sekolah di sekolah Anda.
Bagaimana jika
sekolah ingin menambahkan akun Admin Sekolah?
Apabila pihak sekolah
ingin menambah akun Admin Sekolah, maka Kepala Satuan Pendidikan (Kepala
Sekolah) dapat menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan”
di kanan bawah laman belajar.id dengan menyertakan data:
1.
Nama Sekolah
2.
Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)
3.
Nama Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin
Sekolah
4.
NIK Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk sebagai Admin
Sekolah
5.
Akun Pembelajaran Pendidik/Tenaga Kependidikan yang ditunjuk
sebagai Admin Sekolah
Prosedur ini juga berlaku apabila sekolah ingin mengganti Admin
Sekolah di sekolah Anda.
Sumber : https://sites.google.com/wartek.belajar.id/bantuanbelajarid/home
0 Response to "Pusat Bantuan Akun Pembelajaran Belajar.id"