Cara Dapatkan Keringanan Tagihan Listrik Bagi Pelanggan Rumah Tangga 450 VA dan 900 VA Subsidi
Mendukung Kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi)
terkait pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt
Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50% kepada konsumen rumah tangga
bersubidi 900 VA, Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyiapkan cara
mendapatkan program tersebut.
“Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan
langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni,” ungkap
Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made
Suprateka, melalui rilis yang diterima Kamis (2/4) malam.
Sementara untuk pelanggan pra bayar, sambung Made,
dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor
08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id Dengan ID tersebut,
pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan
terakhir.
“Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA
bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya
akan dikurangi 50%,” jelas Made.
Sementara bagi pelanggan prabayar, menurut Made, token
listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari
pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.
Berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan
rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900
VA bersubsidi.
Mekanisme website dengan cara:
1.Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu
pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
2.Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token
Gratis akan ditampilkan di Layar.
3.Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut
ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Cara lain, menurut Made, Pelanggan juga bisa mengakses
melalui WA ke nomor 08122-123-123, dengan cara :
1.Buka Aplikasi WhatsApp
2.Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk,
salah salah satunya masukkan ID Pelanggan. 3.Token gratis akan muncul
4.Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut
ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Dengan ID Pelanggan tersebut, Made sampaikan,
pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan
terakhir.
“Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah
tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang
harus dimasukkan ke dalam sistem,” ujarnya.
Proses ini, sambung Made, akan tuntas dalam sepekan ke
depan sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah
dapat terlayani seluruhnya.
“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif
Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling
lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati
program tersebut,” ungkap Executive Vice President Corporate Communication
& CSR PLN, I Made Suprateka.
Kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini,
sambung Made, sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian
masyarakat miskin dan tidak mampu.
“Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap
kondisi,” tutup Made. (Humas PLN/EN)
Sumber: https://setkab.go.id
0 Response to "Cara Dapatkan Keringanan Tagihan Listrik Bagi Pelanggan Rumah Tangga 450 VA dan 900 VA Subsidi"