Unduh Buku Pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill)
Penilaian adalah
proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil
belajar peserta didik. Penilaian belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik
yang meliputi aspek: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap
dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku
peserta didik. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk mengukur penguasaan
pengetahuan peserta didik, sedangkan penilaian keterampilan dilakukan untuk
mengukur kemampuan peserta didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas
tertentu. Penilaian hasil belajar oleh pendidik ini bertujuan untuk memantau
dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta
didik secara berkesinambungan.
Penyempurnaan
kurikulum 2013 antara lain pada standar isi diperkaya dengan kebutuhan peserta
didik untuk berpikir kritis dan analitis sesuai dengan standar internasional,
sedangkan pada standar penilaian memberi ruang pada pengembangan instrumen
penilaian yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Penilaian hasil belajar
diharapkan dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir
tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS), karena berpikir
tingkat tinggi dapat mendorong peserta didik untuk berpikir secara luas dan
mendalam tentang materi pelajaran.
Penilaian
berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk penilaian yang baru bagi guru dalam
melakukan penilaian. Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan
keterampilan guru dalam melakukan penilaian. Guru dalam penilaian ini harus
menekankan pada penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bisa
meningkatkan keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran berorientasi
HOTS.
Buku pegangan
Penilaian berorientasi HOTS ini dikembangkan dengan tujuan sebagai
berikut:
1. Memberikan
acuan kepada guru dalam mengembangkan penilaian berorientasi pada Keterampilan
Berpikir Tingkat Tinggi;
2. Memberikan
acuan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru
dalam melaksanakan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat
Tinggi;
3. Memberikan
acuan pada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial
terhadap pelaksanaan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat
Tinggi di satuan pendidikan.
Baca Juga : Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi (HOTS)
Sasaran
penggunaan Buku pegangan Penilaian berorientasi HOTS ini adalah sebagai berikut:
1. Guru Jenjang
Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas
(SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif dan
normatif.
2. Guru Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) serta Pendidikan Luar Biasa
(PLB).
3. Kepala
Sekolah /Madrasah.
4. Pengawas
Sekolah /Madrasah.
0 Response to "Unduh Buku Pegangan Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill)"